Pasar adalah proses bertemunya permintaan dan penawaran untuk membentuk kesepakatan harga sehingga terjadi proses jual beli barang atau jasa.
Dilihat dari wujudnya pasar dibedakan menjadi dua:
- Pasar real, tempat bertemunya penjuan dan pembeli suatu barang dimana kesepakatan harganya terjadi, maka barang langsung diserahkan dan barang langsung di bayarkan ataupun kredit.
- Pasar abstrak, adalah pasar di mana barang yang diperdagangkan tidak tersedia di pasar. Penawaran barang berdasarkan pada standar mutu atau berdasarkan contoh barang. Apabila trjadi kesepakatan harga, maka penyerahan barang diserahkan kemudian hari atau setelah itu.
Permintaan : jumlah barang yang diinginkan untuk dibeli oleh calon pembeli.
Pengusaha yang kreatif adalah pengusaha yang mampu membuat biaya minimal.
Kalau dilihat dari segi organisasinya, maka dibedakan menjadi
- Pasar persaingan sempurna (perfect market), mempunyai 5 ciri pokok.
- Jumlah penjual maupun pembeli didalam pasar tersebut relative banyak. Di lingkup pasar daerah lebih dari 10 pengusaha.
- Barang yang diperdagangkan sejenis atau homogen.
- Harga terbentuk murni atas kekuatan permintaan dan penawaran barang di dalam pasar.
- Tidak ada campur tangan pemerintah.
- Penjual barang – barang tersebut bebas untuk keluar masuk pasar.
- Apabila pasar yang tidak memnuhi 5 syarat tersebut maka disebut pasar persaingan kurang sempurna.
- Pasar persaingan kurang sempurna,
Kalau dilihat dari jumlah penjual
- Monopoli, apabila jumlah produsen yang menguasai pasar suatu barang itu hanya satu dalam satu wilayah tertentu. Contohnya = pertamina, maka mempunyai monopoli penjualan BBM di Indonesia, PT KAI (Persero). Monopoli penjualan dapat diperoleh : sebab2 (menciptakan keuntungan yang paling besar)
- Peraturan pemerintah, monopoli Undang – Undang. (BUMN)
- Kondisi alam. Contoh : Pada zaman sriwijaya, Indonesia menguasai pasar dunia bidang hasil alam.
- Kepercayaan masyarakat.
- Ada monopoli terbatas (semakin tinggi produksi, maka perusahaan akan semakin berkembang)
- Duopoly
- Oligopoly
Kalau dilihat dari jumlah pembeli
- Monosoni
- oligosoni
Pasar persaingan monopolitis, perpaduan antara pasar sempurna dengan pasar kurang sempurna yang dilihat dari jumlah penjualnya.
Pendapatan nasional -> menganalisa tingkat pendapatan nasional suatu bangsa untuk menilai tingkat kemakmuran bangsa yang bersangkutan.