Sunday 21 April 2013

PANTAI JATIMALANG (Argumentasi)


Pantai Jatimalang merupakan salah satu pantai yang ada di Purworejo. Pantai ini begitu luar biasa dan sangat potensial untuk Purworejo. Akan tetapi, pantai ini tidak terawat, baik oleh pemerintah maupun oleh rakyatnya sendiri. Jalan dari kota menuju pantai ini saja sudah rusak parah dan dibiarkan saja oleh Pemerintah Purworejo. Di area pantainya juga banyak sampah berserakan ulah para pengunjung yang tidak bertanggung jawab.

Di sisi lain, Pantai ini begitu indah karena selain keadaan pantai yang masih alami juga fasilatas yang memadai. Tempat parkir yang luas, kios – kios yang menjual baju, celana, dan lain – lain ada di pantai ini. Bahkan warung – warung yang menjual ikan laut banyak terdapat di Pantai Jatimalang ini. Pantai ini juga merupakan sumber mata pencaharian bagi penduduk setempat karena kebanyakan dari mereka bermata pencaharian sebagai nelayan. Jadi wajar saja apabila di pantai tersebut banyak terdapat warung yang menjual aneka macam makanan laut dan terdapat pula TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Akan Tetapi dengan potensial yang cukup besar itu, pantai tersebut kurang mendapat perhatian dari Pemerintah. Padahal, Pantai Jatimalang adalah salah satu pantai kebanggaan Purworejo.

GEGURITAN : MATERI BAHASA JAWA

Geguritan = gurita = grita = gita. Geguritan iki kawiwitan saka carita Bharatayuda, Pendawa lawan Kurawa. Nalika senopatine Pendawa yaiku Bh...