Sunday 21 April 2013

PANTAI JATIMALANG (Persuasif)


Pantai Jatimalang adalah pantai yang sangat menawan. Pemandangan alam yang indah membuat ketenangan dan kesejukan di hati para pengunjung. Fasilitas pun telah disediakan dan cukup memadai. Tempat parkir kendaraan yang luas, warung – warung kecil untuk kita dapat “refreshing“ atau “nongkrong“, bermain – main dengan ombak untuk menghabiskan waktu luang, dan kios – kios yang menjual baju, celana, dan lain sebagainya telah tersedia.


Pantai Jatimalang ini juga menjadi sumber mata pencaharian para nelayan yang bertempat tinggal di daerah setempat sehingga di Pantai Jatimalang ini terdapat banyak warung dan rumah makan yang menjual ‘seafood‘ yang cocok untuk dikunjungi setelah puas dengan bermain di pantai. Pengunjung dapat menikmati berbagai macam makanan laut yang lezat dengan harga yang bermacam – macam sesuai dengan pesanan. Di sana juga terdapat TPI (Tempat Pelelangan Ikan), pengunjung dapt membeli ikan yang segar karena ikan – ikan itu baru ditangkap dari laut. TPI ini ramai apabila keadaan laut yang mendukung sehingga para nelayan dapat melaut.


Pantai Jatimalang.... Pantai indah, perut kenyang, stress hilang. (Pantai Jatimalang merupakan pantai kebanggaan Purworejo. Pantai ini juga merupakan pantai paling ramai dari semua pantai di Purworejo. Karena paling ramai, tentunya pantai ini sangat menawan. Dengan mengunjungi pantai yang indah tersebut dan menikmati keindahan alamnya membuat stress hilang seketika. Pantai Jatimalang ini juga menjadi sumber mata pencaharian para nelayan yang bertempat tinggal di daerah setempat sehingga di Pantai Jatimalang ini terdapat banyak warung dan rumah makan yang menjual aneka macam makanan laut.)



GEGURITAN : MATERI BAHASA JAWA

Geguritan = gurita = grita = gita. Geguritan iki kawiwitan saka carita Bharatayuda, Pendawa lawan Kurawa. Nalika senopatine Pendawa yaiku Bh...