Sunday 21 April 2013

PANTAI JATIMALANG (Deskripsi)


Pantai Jatimalang terletak di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo. Kebun melon dan semangka terlihat ketika kita memasuki Desa Jatimalang. Gapura kuning dengan tulisan “Selamat Datang di Pantai Jatimalang” menyambut kedatangan para pengunjung.

Sambutan dari para penjual balon dan layang – layang datang ketika masuk ke area Pantai Jatimalang. Kolam renang kecil berukuran 6 x 10 meter dengan terpal berwarna biru membuat kolam itu berwarna biru. Ada pun sumur – sumur kecil terbuat dari semen dan ditumbuhi oleh banyak lumut. Sumur – sumur itu digunakan untuk mencuci kaki para pengunjung yang datang karena pasir yang menyelimuti kaki para pengunjung.

Pasir hitam pudar membuat kaki penuh dengan pasir. Tempat Penjualan Ikan berwarna biru yang berdiri kokoh terlihat di sebelah utara Pantai Jatimalang. Tempat itu dikelilingi oleh pohon – pohon. Kupu – kupu yang berwarna – warni mengunjungi pucuk pohon itu, bermain – main dan berkejar – kejaran satu sama lain melengkapi keindahan Pantai Jatimalang.

Garis lurus seakan membelah lautan biru muda yang indah. Angin berhembus kencang menggoyangkan rambut dan kerudung para pengunjung. Ombak bergulung – gulung silih berganti dan bisingnya suara deburan ombak “byur… byur…” tiada henti bersuara menjadikan Jatimalang semakin indah yang menandakan kekuasaan Tuhan Yang Agung.


GEGURITAN : MATERI BAHASA JAWA

Geguritan = gurita = grita = gita. Geguritan iki kawiwitan saka carita Bharatayuda, Pendawa lawan Kurawa. Nalika senopatine Pendawa yaiku Bh...