Saturday 16 March 2019

BASKET DAN ISTILAH - ISTILAH DALAM OLAHRAGA BOLA BASKET



Permainan bola basket adalah suatu permainan yang dilakukan oleh dua regu yang masing – masing regu terdiri dari 5 orang. Permainan bola basket berasal dari Amerika dan diciptakan oleh Dr. James A. Naismith pada tahun 1891. Berikut istilah – istilah dalam permainan bola basket:
  1. Chest pass, yaitu teknik melempar bola setinggi dada.
  2. Over head pass, yaitu teknik melempar bola dari atas kepala.
  3. Bounce pass, yaitu teknik melempar bola pantul.
  4. Shooting, yaitu menembakkan bola ke dalam ring.
  5. Jump shoot, yaitu menembakkan bola ke dalam ring dengan cara melompat.
  6. Lay up shoot, yaitu teknik tembakan melayang.
  7. Jumb ball, yaitu lemparan bola ke atas untuk memulai jalannya pertandingan.
  8. Guard, yaitu pemain sebagai pertahanan belakang.
  9. Forward, pemain sebagai penyerang utama.
  10. Center, yaitu pemain yang bertugas merebut bola pada saat jumb ball dan tugas yang lain adalah rebund (berusaha menguasai bola setelah gagal melakukan tembakan)
  11. Pivot, yaitu gerak berputar ke segala arah dengan bertumpu pada salah satu kaku (kaki poros) pada saat pemain tersebut menguasai bola.
  12. Fakes and Faints, yaitu gerak tipu.
  13. Set offens, yaitu serangan yang direncanakan dan dibangun dari awal sampai penyelesaian akhirnya (finishing tought),merupakan kebalikan dari serangan fast break.
  14.  Fast break, yaitu serangan yang dilakukan secara serentak dan cepat sebelum lawan sempat membuat pola pertahanannya (mencapai balans pertahan).Tujuannya menempatkan satu atau dua orang penyerang dalam posisi bebas untuk mencetak gol.
  15.  Shuffele, yaitu suatu sistem penyeranagn yang dilakukan oleh semua pemain dari satu regu bergerak dsri satu posisi ketempat lain dengan teratur sesuai rencana guna membuka/mendapatkan kesempatan mencetak gol.
  16. Give and go weave, yaitu serangan bergerombolpergi dan datang.
  17.  Assist, yaitu suatu istilah dalam permainan bola basket dimana seorang pemain mengoper bola kepada temannya, dan pemain yang mendapat bola operan dari temannya itu tanpa mendribble (memantulkan bola ke tanah) langsung melempar atau memasukkan bola kedalam jaring basket (bola yang tidak masuk tidak dihitung). Orang yang mengoper bola kepada temannya itu berarti sedang melakukan assist, atau bisa disebut juga tukang assist bola. Assist biasa dilakukan oleh pemain dengan posisi Guard (penjaga) kepada pemain posisi lainnya, karena mereka lebih banyak menguasai/mendribble bola dan menjalankan strategi tim pada pertandingan. Assist dibagi dua yaitu; Assist pantul dan Assist langsung. Assist pantul berarti operan bolanya ke teman dengan cara memantulkan ke tanah, sedang Assist langsung berarti tanpa memantulkan bola. Sekilas Assist dan operan memang mirip, hanya saja Assist berhubungan dengan lemparan bola masuk tanpa dribble.
  18. Rebound , yaitu suatu istilah dalam permainan bola basket dimana seorang pemain menangkap atau mendapatkan bola pantul yang tidak berhasil masuk yang ditembakkan oleh pemain lain. Pebasket yang melakukan Rebound kebanyakan adalah yang berada posisi Center (tengah) dan Power Forward. Karena rebound lebih efektif untuk orang yang bertubuh lebih tinggi dan yang lebih dekat dengan ring basket.
  19. Slam dunk, yaitu suatu gaya didalam permainan olahraga bola basket, seorang pemain berusaha memasukkan bola ke dalam keranjang dimana muka telapak tangan menyentuh besi pada ring basket (satu atau dua tangan) setelah bola melewati tinggi dari ring besi basket
  20. Steal dalam basket, yaitu suatu istilah dimana seorang pemain bertahan berhasil merebut bola yang sedang dipegang, dioper atau didribble pihak lawan, tetapi tidak menyentuh tangan lawan atau akan dinyatakan sebagai pelanggaran. Posisi pebasket yang paling sering melakukan steal adalah Small Forward. Beberapa pebasket yang terkenal akan kemampuan stealnya di NBA adalah Scottie Pippen, Robert Horry, Michael Jordan, Magic Johnson, John Stockton, dan Allen Iverson
  21. Dribble, yaitu membawa bola dengan cara memantulkan ke tanahShot:menembak ke ring dengan cara melemparkan bola. Untuk hasil yang bagus, arah bola sebaiknya mementuk kurva parabolic.
  22. Shot Clock, yaitu Waktu menyerang sebelum bola menyentuh ring.
  23.  Foul , yaitu jumlah pelanggaran dalam satu team per babak nya. Otomatis akan diberikan free throw ke lawan apabila sudah mencapai 5.
  24. Foul Out, yaitu Kartu merah dalam permainan basket, diberikan setelah seorang pemain melakukan 5 kali foul.
  25. Free Throw, yaitu Tembakan bebas akibat pelanggaran yang dilakukan pemain lawan. Free throw diberikan apabila yang dilanggar dalam posisi akan melakukan shot atau sudah team foul.
  26. Three Seconds Violation, yaitu Pelanggaran yang diberikan apabila seorang pemain berada di area tembakan bebas (key area) selama 3 detik.
  27. Back Ball / Back Court, yaitu Pelanggaran karena pemain yang membawa bola kembali ke daerah pertahanan setelah melewati garis tengah.
  28. Back Door, yaitu Strategi menyerang dengan cara membalik badan ke arah yang berlawanan untuk menghindari penjagaan lawan.
  29. Pick and Roll , yaitu strategi menyerang 2 orang dengan cara 1 orang melakukan blok, menghalangi pergerakan lawan yang menjaga rekannya yang membawa bola, sehingga dapat bebas berlari.
  30. Zone Defense , yaitu Pertahanan sistem area, ada model 2-1-2, 1-2-2, 1-3-1, 2-3, 3-2 Full press defense, Pertahanan 1 lawan 1, dimulai dari garis pertahanan lawan.
  31. Travelling / walking, yaitu Pelanggaran karena membawa bola tidak di dribble, lebih dari 2 langkah.
  32. Double , yaitu Pelanggaran karena setelah berhenti mendribble, melakukan dribble lagi.
  33. Man to man marking, yaitu strategi bertahan 1 lawan 1.

Baca juga artikel tentang:

GEGURITAN : MATERI BAHASA JAWA

Geguritan = gurita = grita = gita. Geguritan iki kawiwitan saka carita Bharatayuda, Pendawa lawan Kurawa. Nalika senopatine Pendawa yaiku Bh...