Saturday 16 March 2019

SEPAK BOLA DAN ISTILAH - ISTILAH DALAM OLAHRAGA SEPAK BOLA



Sepak bola adalah jenis permainan beregu yang dilakukan dengan cara menyepak bola ke sana kemari dengan tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan untuk mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola lawan. Permainan sepak bola merupakan permainan bola besar. Sepak bola berasal dari Inggris karena di Inggrislah lahir turnamen Foot Ball Association tahun 1863 dan permainan sepak bola masuk ke Indonesia dibawa oleh orang Belanda. Asosiasi sepak bola nasional adalah PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia), sedangkan asosiasi sepak bola tingkat internasional adalah FIFA (Federation of International Football Association) yang didirikan pada tanggal 21 Mei 1904. Berikut istilah – istilah dalam permainan sepak bola:

  1. Inside instep, yaitu menendang dengan menggunakan punggung kaki bagian dalam.
  1. Outside instep, yaitu menendang dengan menggunakan punggung kaki bagian luar.
  2. Draw, yaitu kondisi dimana terjadi goal yang jumlahnya sama.
  3. Referee, yaitu pemimpin jalannya pertandingan sepak bola dan merupakan wasit utama.
  4. Linesman, yaitu wasit garis yang membantu wasit utama.
  5. Kick off, yaitu tendangan awal atau permulaan oleh regu yang memenangkan undian dari titik pusat lingkaran tengah.
  6. Handball, yaitu kondisi apabila bola menyentuh lengan atau tangan.
  7. Free kick, yaitu tendangan bebas.
  8. Outside, yaitu bola keluar dari lapangan.
  9. Corner kick, yaitu tendangan sudut. Terjadi jika bola keluar dan terakhir disentuh oleh pemain pertahanan.
  10. Throw in, yaitu lemparan ke dalam, bola keluar dari samping lapangan.
  11. Off side, yaitu terjadi bila seorang penyerang mendahului bola di daerah pemain lawan yang terakhir di daerah lawan.
  12. Back Pass, yaitu umpan pemain ke arah penjaga gawang sebagai upaya untuk mengamankan wilayah pertahanan.
  13. Clearing, yaitu menghalau bola di daerah pertahanan sejauh mungkin ke arah depan.
  14. Bicycle kick, yaitu tendangan akrobatik ke gawang lawan untuk menyambut umpan silang dengan cara melompat membelakangi gawang sambil menendang bola dilewatkan kepala penendang (tendangan salto).
  15. Intercept, yaitu cara untuk memotong umpan lawan.
  16. First Time, yaitu tendangan oleh pemain penyerang menendang bola dengan keras ke arah gawang pada kesempatan pertama (sentuhan pertama dengan bola).
  17. Penalty, yaitu tendangan yang dilakukan dari titik pinalti di dalam daerah Penalty, dengan jarak 11 meter dari gawang. Penalty terjadi jika pemain melakukan pelanggaran terhadap pemain lawan di kotak tersebut (kotak penalty timnya sendiri).
  18. Total Football, yaitu sistim permainan yang dikembangkan Belanda dengan melakukan serangan secara simultan ke arah gawang lawan oleh semua pemain, selain penjaga gawang.
  19. Back Heel, yaitu trik menendang dalam sepak bola yaitu menendang dengan menggunakan tumit kaki. Trik ini cukup ampuh untuk mengelabui musuh.
  20. Diving , yaitu istilah dalam dunia sepak bola yang mengacu pada tindakan pemain yang sengaja beraksi seperti terjatuh dan kesakitan setelah menerima perlakuan pemain lawan. Diving biasa dilakukan agar pemain dan timnya mendapatkan keuntungan berupa tendangan bebas, tendangan penalti, bahkan dikeluarkannya pemain lawan yang dianggap mengasari pemain yang melakukan diving. Untuk yang ketahuan melakukan diving, akan langsung dikenakan kartu kuning oleh wasit. Jika ketahuan melakukan diving yang mengakibatkan tim lawan kalah (misal: diving di kotak penalti sehingga mendapat penalti), akan diberikan sanksi.
  21. Derby, yaitu pertandingan antara tim sepak bola yang mempertemukan dua tim yang masing-masing memiliki sejarah dan rivalitas tinggi. Pertandingan derby dapat terjadi karena persaingan prestasi antara kedua tim, persaingan antara dua tim satu kota yang membuat pertandingan menjadi bergengsi.
  22. Hattick, yaitu istilah untuk pemain yang mencetak 3 gol dalam 1 pertandingan.
  23. Quattick, yaitu istilah untuk pemain yang mencetak 4 gol dalam 1 pertandingan.
  24. Injury Time, yaitu istilah perpanjangan waktu dalam sepak bola. Injury time diberikan saat ujung babak. Biasanya injury time berkisar antara 1-4 menit, ada yang lebih dari 4 menit, tetapi itu terjadi sebab waktu bermain terbuang karena suatu konflik atau kejadian tertentu.
  25. Silver goal, yaitu istilah untuk gol yang dicetak di masa perpanjangan waktu dimana setelah gol terjadi, maka pertandingan akan dihentikan telah jeda babak perpanjangan terdekat berakhir. Jika goal terjadi di masa perpanjangan pertama, maka pertandingan selesai setelah isitirahat babak tersebut berakhir.
  26. Golden goal, yaitu istilah untuk gol yang dicetak di masa perpanjangan waktu dimana setelah gol terjadi, maka pertandingan akan langsung dihentikan.
  27. Ball Possesion, yaitu istilah untuk penguasaan bola, artinya berapa lama waktu atau prosentase bola jatuh ke kaki total seluruh pemain dari sebuah klub dalam sebuah pertandingan
  28. Starting eleven, yaitu istilah untuk 11 pemain utama yang mengisi sebuah tim sepakbola dan dimainkan sejak menit pertama.
  29. Keeper, yaitu pemain yang bertugas untuk mengamankan Gawang dari kebobolan gol atau disebut penjaga gawang.
  30. Breaker, yaitu Pemain terakhir sebagai pelapis penjaga gawang.
  31. Stopper, yaitu Pengawal Breaker, biasanya tergantung stategi pelatih berapa orang yang dipasang.
  32. Wing Back, yaitu Pemain bertahan tapi bisa membantu serangan.
  33. Playmaker, yaitu Pemain yang mengendalikan alur serangan atau disebut gelandang.
  34. Winger, yaitu Pemain murni sayap kiri atau kanan.
  35. Target man, yaitu pemain Penyerang utama atau disebut Striker Murni.
  36. Striker Tandem, yaitu pemain Penyerang pembantu yang biasanya posisi-nya agak dibelakang striker murni.
  37. Rabona, yaitu teknik dalam menendang bola dimana kaki yang dipakai untuk menendang bola disilangkan di belakang kaki tumpuan.

GEGURITAN : MATERI BAHASA JAWA

Geguritan = gurita = grita = gita. Geguritan iki kawiwitan saka carita Bharatayuda, Pendawa lawan Kurawa. Nalika senopatine Pendawa yaiku Bh...