Thursday 28 March 2019

CONTOH PIDATO ULANG TAHUN HARI PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)


Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Kepala SMP Negeri 2 Purworejo
Yang saya hormati Bapak Ibu Guru dan karyawan karyawati SMP Negeri 2 Purworejo
Serta teman – teman yang saya cintai

Pertama – tama marilah kita ucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha kuasa, yang telah melimpahkah nikmat, rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kita semua, sehingga pada kesempatan yang berbahagia ini, kita dapat berkumpul di sini untuk memperingati Ulang Tahun Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-66. Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, kepada keluarga, sahabat – sahabat, dan para pengikut ajaran beliau. Amin.

Hadirin yang berbahagia,
Melalui peringatan ulang tahun proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-66 ini, marilah kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Pengasih, supaya arwah – arwah para pejuang bangsa yang telah gugur mendahului kita dapat menjadi syuhada di sisi Allah ta’ala dan mendapatkan balasan surga yang penuh kenikmatan. Amin. Semoga para pemimpin bangsa saat ini juga diberi kekuatan lahir maupun batin, sehingga bisa menjalankan tugas kepemimpinannnya dengan baik dan sesuai dengan aturan – aturan yang ada. Amin.

Hadirin yang saya hormati,
Kemerdekaan yang telah kita capai ini semata – mata adalah hanya berkat rahmat Allah Yang Mahakuasa, sebagaimana telah tercantum pada Pembukaan UUD RI tahun 1945 alenia ketiga telah menyatakan dengan jelas bahwa kemerdekaan yang telah kita capai ini adalah berkat rahmat Allah Yang Mahakuasa. Dengan demikian, kemerdekaan tersebut merupakan titipan atau amanat yang perlu kita jaga, jangan sampai ada yang mengkhianatinya, sebagaimana yang telah dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia seperti pada Gerakan Gestapunya yang telah bisa kita gagalkan bersama. Ataupun musuh – musuh dari dalam maupun luar negeri, wajiblah kita memerangi dan menghancurkan musuh – musuh tersebut.

Hadirin yang berbahagia,
Peristiwa – peristiwa yang lampau sebaiknya kita kenang kembali. Yang buruk jangan sampai terulang kembali dan yang baik kita usahakan menjadi lebih baik lagi. Saat ini bertepatan dengan peringatan enam puluh enam tahun Republik Indonesia, maka patutlah kita bersyukur dan berbuat lebih baik lagi dalam membangun Negara, baik membangun masyarakat maupun membangun tanah air.

Hadirin yang saya hormati,
Marilah kita isi kemerdekaan ini dengan meningkatkan taraf hidup masyarakat agar tidak terulang kembali tumbuhnya paham komunisme di muka bumi Indonesia, Negara yang sangat kita cintai ini. DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA yang ke -66. MERDEKA DAN JAYALAH NEGERIKU.

Hadirin yang berbahagia,
Demikian yang dapat saya sampaikan dalam acara ini. Mohon maaf apabila ada kekurangan dalam saya menyampaikan sambutan. Terimakasih atas perhatian saudara.

Wassalamualaikum. Wr. wb.

GEGURITAN : MATERI BAHASA JAWA

Geguritan = gurita = grita = gita. Geguritan iki kawiwitan saka carita Bharatayuda, Pendawa lawan Kurawa. Nalika senopatine Pendawa yaiku Bh...