Saturday 16 March 2019

VOLI DAN ISTILAH - ISTILAH DALAM OLAHRAGA BOLA VOLI



Permainan bola voli merupakan salah satu jenis permainan bola besar beregu yang dimainkan oleh enam orang pemain setiap regunya. Permainan ini diciptakan oleh William G. Morgan. Indonesia mulai mengenal permainan ini sejak tahun 1928 yang diperkenalkan oleh orang Belanda. Organisasi bola voli nasional adalah PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). Berikut istilah – istilah dalam permainan bola voli :
  1. Passing, yaitu suatu usaha seorang pemain dengan menggunakan suatu teknik tertentu untuk mengoper bola yang dimainkan kepada teman satu regu yang kemudian dimainkan di lapangan sendiri.
  2. Sevice, yaitu tindakan memukul bola oleh seorang pemain belakang yang dilakukan dari daerah service langsung kelapangan lawan untuk memulai permainan.
  3. Deuce, yaitu kondisi dimana kedua regu sama – sama mendapatkan game point, 24 – 24.
  4. Libero, yaitu satu orang pemain khusus bertahan.
  5. Smash, yaitu gerak memukul bola dengan keras dengan arah menukik dan mematikan.
  6. Spike, yaitu smash yang efektif selama permainan berlangsung dengan cara memukul bola dari atas jaring.
  7. Net, yaitu jaring – jaring yang merupakan pembatas lapangan untuk regu tersebut dan batas minimal bola dikembalikan ke lapangan lawan.
  8. Blocking, yaitu upaya menghalangi lawan dengan cara merentangkan kedua tangan pada tempat yang diduga menjadi jalannya bola atau membendung bola.
Baca juga artikel tentang:

GEGURITAN : MATERI BAHASA JAWA

Geguritan = gurita = grita = gita. Geguritan iki kawiwitan saka carita Bharatayuda, Pendawa lawan Kurawa. Nalika senopatine Pendawa yaiku Bh...