Friday 29 March 2019

PERADABAN DUNIA (Perbedaan suku bangsa proto-melayu dan deuteron-melayu)


Bangsa Proto Melayu adalah nama yang pernah diberi kepada "gelombang" pertama dari dua "gelombang" migrasi yang dulu diperkirakan terjadi dalam pendudukan Nusantara oleh penutur bahasa Austronesia. Menurut teori "dua gelombang" ini, dalam Proto Melayu di Indonesia dimasukkan : Toraja (Sulawesi Selatan), Sasak (Lombok), Dayak (Kalimantan Tengah), Batak (Sumatera Utara), Nias (pantai barat Sumatera Utara), Rejang, dll.

Melayu Deutero atau Melayu Muda adalah sebutan untuk suku Melayu yang datang pada gelombang kedua setelah Melayu Proto. Asal kedatangan bangsa ini sama dengan bangsa Melayu Tua dan berasal dari ras yang sama yaitu Malayan Mongoloid sehingga tidak memiliki perbedaan fisik yang berarti. Bangsa melayu muda diperkirakan datang pada Zaman Logam (kurang lebih 1500 SM). Suku bangsa di Indonesia yang termasuk melayu muda adalah Aceh, Minangkabau, Jawa, Bali, Makassar, Bugis, Manado, dll



No.
Bangsa Proto Melayu
Bangsa Deutero Melayu
1.
Masa migrasi kelompok ini berlangsung kira-kira selama satu milenium (seribu tahun) antara tahun 3000-1500 SM.
Kemudian berlangsung lagi sekitar 500 SM dari daratan Asia ke pulau-pulau Nusantara.
2.
Menyebar dari daratan Asia ke Semenanjung Melayu, Nusantara, Philipina dan Formosa serta Kepulauan Pasifik sampai Madagaskar.
Deutro Melayu yang mendiami daerah pesisir pantai.
3.
Bangsa ini masuk ke Nusantara melalui dua jalur, yaitu Barat dan Timur.
Kelompok Deutro Melayu juga merupakan Ras Melanosoid (Malayan Mongoloid)
4.
Proto Melayu mendiami daerah pedalaman.
Memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan Proto Melayu. Hanya saja, jika diamati dari keterangan di atas, maka perbedaan antara kelompok Deutro Melayu dengan Proto Melayu dapat dilihat berdasarkan wilayah yang di diaminya, yakni daerah pedalaman dihuni oleh kelompok Proto Melayu dan daerah pesisir pantai didiami oleh para imigran Deutro Melayu.
5.
Bangsa Proto Melayu yang merupakan ras Malayan Mongoloid
Kelompok Melayu Muda ini berkembang menjadi:
  1. Suku Aceh
  2. Suku Minang
  3. Suku Jawa
  4. Suku Bali
  5. Suku Bugis
  6. Suku Makasar
  7. Dan sebagainya
6.
Bangsa Proto Melayu yang merupakan ras Malayan Mongoloid ini memiliki ciri-ciri antara lain: Kulit sawo matang, rambut lurus, badan tinggi ramping, bentuk mulut dan hidung sedang.

7.
Yang termasuk keturunan bangsa ini adalah:
  1. Suku Toraja (Sulawesi Selatan)
  2. Suku Sasak (Pulau Lombok)
  3. Suku Dayak (Kalimantan Tengah)
  4. Suku Nias (Pantai Barat Sumatera)
  5. Suku Batak (Sumatera Utara)
  6. Suku Kubu (Sumatera Selatan




GEGURITAN : MATERI BAHASA JAWA

Geguritan = gurita = grita = gita. Geguritan iki kawiwitan saka carita Bharatayuda, Pendawa lawan Kurawa. Nalika senopatine Pendawa yaiku Bh...