Friday 29 March 2019

PERADABAN DUNIA (Perbedaan Kebudayaan Dongson dan Bacson-hoabinh)


Kebudayaan Đông Sơn adalah kebudayaan zaman Perunggu yang berkembang di Lembah Sông Hồng, Vietnam. Kebudayaan ini juga berkembang di Asia Tenggara, termasuk di Nusantara dari sekitar 1000 SM sampai 1 SM. Kebudayaan Dongson mulai berkembang di Indochina pada masa peralihan dari periode Mesolitik dan Neolitik yang kemudian periode Megalitik. Pengaruh kebudayaan Dongson ini juga berkembang menuju Nusantara yang kemudian dikenal sebagai masa kebudayaan Perunggu Kebudayaan Dongson secara keseluruhan dapat dinyatakan sebagai hasil karya kelompok bangsa Austronesia yang terutama menetap di pesisir Annam, yang berkembang antara abad ke-5 hingga abad ke-2 Sebelum Masehi. Kebudayaan ini sendiri mengambil nama situs Dongson di Tanh hoa. Masyarakat Dongson adalah masyarakat petani dan peternak yang handal. Mereka terampil menanam padi, memelihara kerbau dan babi, serta memancing. Mereka agaknya menetap di pematang-pematang pesisir, terlindung dari bahaya banjir, dalam rumah-rumah panggung besar dengan atap yang melengkung lebar dan menjulur menaungi emperannya. Selain bertani, masyarakat Dongson juga dikenal sebagai masyarakat pelaut, bukan hanya nelayan tetapi juga pelaut yang melayari seluruh Laut China dan sebagian laut-laut selatan dengan perahu yang panjang.

Kebudayaan Bacson Hoabinh adalah nama tempat di wilayah vietnam utara . Kebudayaan bacson hoabinh berlasung kurang lebih 10000 sampai 4000 SM. Kebudayaan bacson hoabinh adalah kebudayan berburu dan mengumpulkan makanan. Ciri khas kebudayaan bacson hoabinh adalah penyerpihan pada satun atau dua sisi permukaan batu. Sisa kebudayaan ini adalah kapak lonjong, kapak persegi, kapak sumatra, kapak genggam, dan jenis perhiasan dari batu.

No.
Kebudayaan Dongson
Kebudayaan Bacson - Hoabinh
1.
Kebudayaan berkembang di Asia Tenggara, termasuk di Nusantara dari sekitar 1000 SM sampai 1 SM.
Kebudayaan bacson hoabinh berlasung kurang lebih 10000 sampai 4000 SM .
2.
Kebudayaan ini sendiri mengambil nama situs Dongson di Tanh hoa
Sisa kebudayaan ini adalah kapak lonjong, kapak persegi, kapak sumatra, kapak genggam, dan jenis perhiasan dari batu.
3.
Masyarakat Dongson adalah masyarakat petani dan peternak yang handal. Mereka terampil menanam padi, memelihara kerbau dan babi, serta memancing.
Kebudayaan flakes masuk ke Indonesia melalui jalur timur.
4.
Berkembang dari daerah Tongkin di Indo Cina.
Terletak di lembah Sungai Mekong
5.
Peninggalannya berupa Perunggu sebagai bahan pilihan. Benda-benda seperti kapak dengan selongsong, ujung tombak, pisau belati, mata bajak, topangan berkaki tiga dengan bentuk yang kaya dan indah.
Bacson berada di daerah pegunungan, sedangkan Hoabinh berada di daerah dateran rendah.

GEGURITAN : MATERI BAHASA JAWA

Geguritan = gurita = grita = gita. Geguritan iki kawiwitan saka carita Bharatayuda, Pendawa lawan Kurawa. Nalika senopatine Pendawa yaiku Bh...